You are here
Beranda > Lifestyle Milenial > 5 Manfaat Kopi Hitam Tanpa Gula

5 Manfaat Kopi Hitam Tanpa Gula


Foto : sadakoffie.com

MEDIAKAMU.com -

Manfaat kopi hitam tak sekadar membantu kita untuk tetap terjaga dan lebih segar. Di antara sederet manfaat kopi hitam untuk kesehatan adalah membantu mengelola gejala dan bahkan mencegah beberapa penyakit.

Meskipun kopi hitam dalam jumlah moderat baik bagi kesehatan, cara menyajikannya juga mempengaruhi efeknya terhadap tubuh.

Menurut Healthline, gula, terutama karena jumlah fruktosanya yang tinggi, berkaitan dengan banyak jenis penyakit serius, seperti obesitas dan diabetes.

Jika tidak bisa minum kopi hitam dan ingin sedikit pemanis, kita bisa menggunakan pemanis alami seperti stevia, menambahkan susu tanpa lemak, atau menyajikan buah potong untuk dimakan sambil minum kopi hitam.

Nutrisi kopi hitam

Kopi hitam kaya akan antioksidan, (foto :Shutterstock)

Kopi hitam kaya akan antioksidan, yang dapat melawan kerusakan sel dan mengurangi risiko kondisi kesehatan serius seperti kanker dan penyakit jantung.

Berikut kandungan nutrisi dalam satu porsi kopi hitam tanpa gula (sekitar 230 ml), seperti dilansir WebMD:

  • 2 kalori
  • 0 gram lemak
  • 0 gramkarbohidrat
  • 0 gram serat
  • 5 miligram natrium
  • Vitamin B2
  • Kafein
  • Magnesium

Manfaat minum kopi hitam tanpa gula

Berikut 5 manfaat minum kopi hitam yang bisa kita peroleh jika melakukannya secara rutin :

  • Kopi meningkatkan kekuatan memori¬†
Foto : klikdokter.com

Seiring bertambahnya usia, kekuatan memori dan skill kognitif kita menurun, sehingga lebih rentan terkena demensia dan Parkinson.

Manfaat kopi hitam termasuk membantu meningkatkan aliran darah ke otak, yang dapat bermanfaat bagi fungsi kognitif serta memiliki efek perlindungan terhadap gangguan memori.

Menurut Doctor NDTV, minum kopi hitam dapat membantu otak dan saraf kita tetap aktif sepanjang hari, yang pada akhirnya dapat menurunkan risiko demensia.

Asupan kopi hitam rutin diketahui dapat menurunkan risiko Parkinson hingga 60 persen.

  • ¬†Kopi membantu memperbaiki suasana hati
Foto : hitekno.com

Direktur terapi fisik dari FlexIt, Dr Helen Goldstein menjelaskan kepada Eat This Not That, sebuah penelitian mendukung anggapan tentang manfaat kopi hitam sebagai mood booster atau peningkat suasana hati.

Peserta penelitian yang minum kopi ditemukan memiliki suasana hati yang lebih baik dan kewaspadaan yang lebih tinggi secara keseluruhan sekaligus memiliki tingkat kelelahan mental yang lebih rendah.

Sebabnya, kafein yang terkandung dalam kopi memblokir reseptor adenosin di otak kita, sehingga mencegah rasa lelah yang disebabkan oleh adenosin.

Namun, penting untuk mempertimbangkan bahwa konsumsi kopi rutin juga bisa menyebabkan kecanduan. Seseorang yang mengalami kecanduan kopi mungkin bisa merasakan kelelahan atau sakit kepala ketika tidak meminumnya sehari saja.

  • Kopi membantu mencegah kanker
Foto : kabar6.com

Manfaat kopi hitam termasuk membantu mencegah beberapa bentuk kanker, termasuk kanker mulut, kanker prostat, kanker hati, dan kanker kolorektal.

Melansir WebMD, para ilmuwan belum menentukan alasan utama mengapa kopi mungkin dapat mengurangi risiko kanker. Sebagian alasannya mungkin karena kopi mengandung antioksidan tinggi, yang menurut beberapa penelitian dapat membantu mencegah kanker.

  • Kopi mengatasi obesitas
Foto : skoppi.id

Salah satu manfaat kopi hitam ternyata termasuk membantu mengelola obesitas. Penelitian menunjukkan bahwa tubuh kita akan membakar lebih banyak kalori jika mengonsumsi kopi secara rutin sepanjang hari.

Kopi juga membantu tubuh membakar lebih banyak lemak, terutama ketika kita berolahraga.

Selain itu, asam klorogenat dalam kopi diyakini mampu mengurangi lemak perut viseral.

Lemak viseral berkaitan dengan peningkatan risiko pengembangan gangguan metabolisme, seperti diabetes tipe 2.

  • Kopi menurunkan risiko diabetes tipe 2
Foto : Alodokter

Manfaat kopi hitam juga termasuk membantu menurunkan risiko diabetes tipe 2, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

Diabetes tipe 2 berkembang ketika tubuh seseorang tidak dapat menggunakan insulin untuk memasukkan glukosa (gula) ke dalam sel, sehingga gula menumpuk di dalam darah. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa minum kopi dapat mengurangi risiko diabetes.

Satu kelompok peneliti menemukan bahwa risiko terkena diabetes 35 persen lebih rendah pada orang yang minum enam cangkir kopi atau lebih per hari dan 28 persen lebih rendah untuk orang yang minum empat hingga enam cangkir.

Studi lain menunjukkan bahwa untuk setiap tambahan secangkir kopi yang diminum seseorang per hari, risiko mereka terkena diabetes turun menjadi 7 persen.

Sumber : kompas.com