You are here
Beranda > Media Umum > Whatsapp, Instagram dan Facebook Down,Warganet Beralih Ke Telegram dan Twitter

Whatsapp, Instagram dan Facebook Down,Warganet Beralih Ke Telegram dan Twitter


ilustrasi : businessinsider.com

MEDIAKAMU.com -

Whatsapp, Instagram, dan Facebook dilaporkan down di sejumlah negara sejak, termasuk Indonesia. Gangguan ini terjadi sejak Selasa (5/10/2021) dini hari waktu Indonesia.

Tagar #WhatsApp dan #Instagram Down pun membanjiri Twitter,Warganet di hampir seluruh dunia, pada Senin malam (4/10/2021), mengeluh di Twitter karena tak bisa menggunakan WhatsApp, Facebook dan Instagram.

Di Twitter Indonesia dan dunia, WhatsApp, Instagramdown, dan error mengisi daftar trending topik yang paling ramai dibicarakan. Bahkan, kata kunci WhatsApp, Instagram down, serta Facebook down menduduki puncak trending topic. Kata kunci tersebut telah mendapat lebih dari 3 juta kicauan. Melalui Twitter, para pengguna melaporkan bahwa mereka tidak bisa mengakses ketiga layanan tersebut.

Melansir Downdetector, situs yang memantau layanan website atau aplikasi yang bermasalah di dunia, melaporkan bahwa pada Senin malam Facebook, Instagram, dan WhatsApp memang banyak dilaporkan pengguna karena tak bisa diakses. ketiga layanan ini tumbang dalam waktu yang hampir bersamaan yakni sekitar Senin (4/5/2021) pukul 22.00.

Pengguna ketiga layanan ini pun ramai-ramai beralih ke aplikasi Telegram dan Twitter untuk berkomunikasi.

Tidak diketahui apakah WhatsApp, Instagram, dan Facebook Down karena ada maintenance internal, masalah dengan server pada ketiga platform tersebut atau layanan mereka diserang.

Layanan WhatsApp, Instagram dan Facebook sudah memberikan pernyataan singkat terkait masalah tersebut. Lewat akun Twitter, Facebook mengakui beberapa penggunanya mengalami kesulitan mengakses aplikasi dan produk-produknya. Saat ini mereka coba melakukan investigasi mencari penyebab masalah.

“Kami sedang berupaya agar semuanya kembali normal secepat mungkin, dan kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini,” tulis akun Facebook.

Akun Twitter milik WhatsApp pun sudah berkicau soal masalah yang terjadi di layanannya. Seperti Facebook, mereka tengah menyelidiki sumber gangguan yang terjadi pada penggunanya di seluruh dunia.

“Kami menyadari bahwa beberapa orang mengalami masalah dengan WhatsApp saat ini. Kami sedang berupaya untuk mengembalikan semuanya menjadi normal dan akan mengirimkan pembaruan di sini sesegera mungkin,” ujar akun WhatsApp. “Terima kasih atas kesabaran Anda!,” pungkasnya.