You are here
Beranda > Lifestyle Milenial > Diet Rendah Kolesterol, Sehatkan Jantung

Diet Rendah Kolesterol, Sehatkan Jantung


MEDIAKAMU.com -

“Kolesterol adalah salah musuh terbesar manusia karena ia bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan yang fatal. Untuk itu, untuk mencegahnya, kamu perlu konsumsi makanan yang terbukti rendah kolesterol atau bahkan bisa membantu menghilangkan kolesterol jahat dari tubuh.

Tidak semua kolesterol jahat, ada juga kolesterol baik atau biasa disebut high-density lipoprotein (HDL). HDL bekerja dalam aliran darah, bertugas membersihkan dan mengangkut kolesterol jahat atau low-density lipoprotein (LDL).

Menjaga kadar LDL untuk tidak tinggi penting dilakukan agar tubuh lebih sehat. Tingginya kadar LDL bisa menyebabkan penumpukan plak dan bisa memicu stroke dan penyakit jantung.

Kolesterol jadi salah satu faktor risiko penyakit jantung dan stroke. Pola makan sehat bisa membantu mengontrol kolesterol. Berikut cara diet rendah kolesterol.

Mengontrol kadar kolesterol dalam darah dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular yang mengancam. Berikut beberapa cara diet rendah kolesterol yang perlu kamu perhatikan,

  1. Tambah asupan serat larut
    Serat larut dapat mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah. Serat larut banyak ditemukan pada makanan seperti oatmeal, kacang merah, kubis, apel, dan pir.
  2. Kurangi asupan lemak trans dan jenuh
    Lemak trans umum ditemukan pada margarin dan kue-kue kering kemasan. Lemak trans dapat meningkatkan kadar kolesterol secara keseluruhan.

Sementara lemak jenuh, banyak ditemukan pada daging merah, juga dapat meningkatkan kolesterol total.

  1. Tambah asupan asam lemak omega-3
    Makanan yang mengandung asam lemak omega-3 dapat menjaga kesehatan jantung, termasuk di antaranya menurunkan tekanan darah. Kamu bisa mendapatkan asam lemak omega-3 dari salmon, makarel, dan kacang kenari.
  2. Tambah asupan buah dan sayuran
    Konsumsi buah dan sayur adalah cara mudah untuk menurunkan kadar kolesterol jahat. Keduanya mengandung antioksidan tinggi yang mampu mencegah oksidasi LDL dan penumpukan plak di arteri.
  3. Masak dengan bumbu herbal dan rempah
    Penelitian menunjukkan, bawang putih, kunyit, dan jahe sangat efektif untuk menurunkan kolesterol jika dikonsumsi secara teratur. Herba dan rempah juga mengandung antioksidan yang dapat mencegah LDL teroksidasi dan mengurangi pembentukan plak.

    .