You are here
Beranda > Bisnis Terkini > Cobain! Bisnis Digital dengan Potensi Penghasilan Tanpa Batas

Cobain! Bisnis Digital dengan Potensi Penghasilan Tanpa Batas


Foto : canva.com

MEDIAKAMU.com -

Era digital memicu munculnya kreativitas yang dibutuhkan dalam mengembangkan ide bisnis digital. Kecanggihan teknologi berpengaruh besar dalam menciptakan dan memasarkan produk bisnis digital, yang hadir dalam bentuk barang maupun jasa.

Ide bisnis yang kaya inovasi mampu berkembang menjadi bisnis menjanjikan yang menarik banyak peminat. Demi mempertahankan bisnis, kamu memerlukan ide bisnis yang tidak hanya fokus pada pemenuhan kebutuhan konsumen, tapi juga membedakanmu dari kompetitor sehingga bisa bertahan dalam era digital.

Patut di coba 5 bisnis digital yang menjanjikan ini

1. Merintis toko online

Foto : pexels.com

Salah satu ide bisnis digital yang mampu menghasilkan omset menggiurkan adalah membangun toko online. Toko online yang dimaksud sejatinya merupakan website atau platform yang digunakan sebagai sarana transaksi pembelian produk secara online.

Tingginya potensi bisnis E-commerce di Indonesia membuat ide membuat toko online sendiri terdengar menarik. Selain memudahkanmu dalam mengatur produk yang ditampilkan, memiliki toko online sendiri mampu mengasah kemampuan dalam mengelola bisnis digital.

Selain itu, kamu juga berkesempatan mengembangkan bisnis sesuai rencana. Tanpa keahlian pemrograman, kamu bisa merancang toko online sendiri dengan memanfaatkan platform manajemen konten, misalnya WordPress.

2. Berprofesi sebagai konsultan SEO

Foto : canva.com

Bila kamu menguasai teknik SEO, manfaatkan kesempatan ini untuk menjadi konsultan SEO. Peran SEO bagi website, terutama yang bertujuan bisnis, sangatlah krusial. Dengan ide bisnis digital ini, kamu membantu website klien merajai mesin pencarian.

Sebelum membeli produk, konsumen umumnya mengandalkan mesin pencarian untuk mencari informasi terkait produk yang dicari. Akan menjadi poin plus bila website klien berada di urutan tertinggi pencarian. Selain itu, SEO efekif mendatangkan pengunjung website melalui organic traffic.

3. Menawarkan jasa pembuatan website

Foto : pexels.com

Meningkatkan kebutuhan akan website, baik untuk instansi pemerintah, perusahaan, maupun individu, menjadi peluang tersendiri bagi developer. Kamu bisa meraup banyak keuntungan dengan menawarkan jasa pembuatan website.

Meski kini hadir panduan mudah untuk membuat website sendiri, keahlian pemrograman tingkat lanjut yang dimiliki web developer tetap dibutuhkan guna mengatur kostumisasi yang lebih rumit.

Keunggulan lain dari ide bisnis ini adalah kamu dapat bekerja dari rumah maupun tempat lain yang kamu inginkan. Sebagai sarana menawarkan jasa, kamu bisa memanfaatkan platform untuk pekerja lepas alias freelancer atau blog pribadi yang didukung oleh portfolio hasil pekerjaan.

4. Menjadi blogger

Foto : unsplash.com

Ide bisnis digital bisa kamu mulai lewat blog pribadi. Terlebih bila kamu secara konsisten mempublikasikan konten menarik yang mendatangkan banyak pengunjung.

Menjadikan blog sebagai sumber penghasilan dapat dilakukan dengan menyewakan ruang (space) untuk iklan di blog. Dengan menerapkan ide bisnis ini, tak menutup kemungkinan kamu bisa mengikuti perjalanan sukses Raditya Dika dan Iwan Banaran.

5. Membuka kursus online

Foto : pexels.com

Bila kamu ingin berbisnis di bidang pendidikan, membuka kursus online adalah ide bisnis digital yang layak dicoba. Kursus online memudahkanmu dalam membagikan ilmu tanpa harus bertemu secara langsung dengan murid.

Kehadiran platform e-meeting dan tools penunjang menjamin kelancaran proses belajar mengajar sehingga terhindar dari kendala berarti. Tak hanya itu, kamu bisa membangun website kursus sendiri yang didukung dengan sistem pembelajaran terintegrasi alias Learning Management System (LMS).

Sumber : Dikutip berbagai sumber