You are here
Beranda > Lifestyle Milenial > HYBE Batal Akuisisi Saham SM Entertainment

HYBE Batal Akuisisi Saham SM Entertainment


Foto : Istimewa

MEDIAKAMU.com -

HYBE mengumumkan untuk tidak jadi memproses akuisisi saham SM Entertainment. Bulan lalu, HYBE merupakan pemegang saham terbesar dari SM Entertainment setelah mereka menandatangani kesepakatan dengan pendiri SM, Lee Soo Man untuk mengakuisisi 14,8 persen saham.

Namun, Perusahaan Kakao bersikeras untuk mengakuisisi SM 9,05 persen yang akan membuat Kakao menjadi pemegang saham terbesar kedua. HYBE kemudian merespon dengan membeli saham baru dan obligasi konversi.

Akan tetapi, Lee Soo Man mengaggap hal tersebut ilegal dan membawa SM Entertainment ke meja hijau. Alhasil SM dilarang mengeluarkan lembar saham yang baru. Mau tidak mau, Kakao harus membeli dengan cara memberi penawaran lebih tinggi kepada para pemegang saham SM.

Menanggapi langkah yang di ambil Kakao, HYBE memutuskan untuk mengakhiri ambisi akuisisi penuh terhadap SM. HYBE mundur karena pasar telah menunjukkan tanda-tanda overheating akibat persaingan tersebut.

“Setelah mempelajari apa yang ada di dalam kontrak bisnis, kami terkejut dan khawatir. Sebuah kajian tengah berlangsung terkait masalah hukum yang ada pada kontrak ini. Berdasarkan hasilnya, kami akan mengambil langka hukum yang dibutuhkan, baik secara sipil maupun kriminal,” tulis agensi BTS.

Agensi yang menaungi boy grup BTS ini mengklaim kesepakatan itu berarti Kakao dapat terus meningkatkan sahamnya di SM dengan memanfaatkan hak pembelian saham terlebih dahulu. Pada akhirnya akan merugikan pemegang saham.

“Kami percaya, kontrak ini merusak nilai dari para pemegang saham SM, membatasi hal aktris SM dan membatasi masa depan karyawan SM. Manajemen SM saat ini harus menunda pembuatan keputusan yang berkaitan dengan kontrak tersebut,” tulisnya.

Sumber : Dikutip berbagai sumber