You are here
Beranda > Media Umum > Indonesia – Malaysia Akan Buka Perbatasan Bagi Warga Yang Sudah Vaksin

Indonesia – Malaysia Akan Buka Perbatasan Bagi Warga Yang Sudah Vaksin


foto : antara

MEDIAKAMU.com -

Indonesia dan Malaysia pada Rabu (10/11) disebut sepakat meluncurkan jalur perjalanan vaksin antara kedua negara secara bertahap, seiring membaiknya situasi pandemi COVID-19 di kedua negara.

“Sebagai tetangga dekat dan orang-orang dari ras yang sama, kita harus memperkuat kerja sama kita berdasarkan prinsip saling menghormati dan saling menguntungkan,” kata Presiden Jokowi dalam rapat bersama Perdana Menteri Malaysia Ismail Sabri Yaakob dikutip dari Strait Times, Kamis (11/11/2021).

“Hari ini saya dan bapak presiden mencapai persetujuan supaya Malaysia dan Indonesia dapat melaksanakan satu koridor perjalanan antara kedua negara melalui travel corridor arrangement,” keterangan Perdana Menteri Malaysia, Ismail Sabri Yaakob, yang mengumumkan langsung rencana tersebut saat bertemu Presiden Indonesia, Joko Widodo, di Istana Kepresidenan Jakarta pada Rabu (10/11).

Menurut Ismail Sabri, pembukaan pembatasan Indonesia dan Malaysia akan dimulai dari Kuala Lumpur-Jakarta dan Kuala Lumpur- Bali.

“Malaysia setuju supaya perbatasan kita (dibuka), dan kita mulai dengan Kuala Lumpur-Jakarta dengan Kuala Lumpur-Bali,” tutur Ismail Sabri.

Jika segala persyaratan dan urusan sudah selesai, Ismail Sabri mengatakan RI-Malaysia baru akan mengeluarkan pernyataan bersama terkait pembukaan resmi koridor perjalanan ini.

“Insya Allah, kami akan mempercepat ini dengan rincian dan membuat pernyataan bersama untuk mengumumkan pembukaan kembali perbatasan,” kata Ismail Sabri seperti dikutip┬áThe Straits Times.

RI dan Malaysia sepakat mengakui vaksin Covid-19 yang telah mendapat izin penggunaan darurat dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) guna memudahkan syarat perjalanan.