You are here
Beranda > Media Umum > Taksi Terbang Bakal Uji Coba di IKN pada 2024

Taksi Terbang Bakal Uji Coba di IKN pada 2024


Foto : ChinaDailly

MEDIAKAMU.com -

Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) akan melakukan uji coba taksi terbang di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada 2024. Rencanya, uji coba bisa dilakukan sebelum HUT RI ke-79 pada 17 Agustus 2024.

Deputi Bidang Tranformasi Hijau dan Digital Mohammed Ali Berawi mengatakan,  taksi terbang saat ini masih dalam tahap pengembangan.

Dia berharap sumber daya manusia (SDM) di Indonesia bisa menguasai teknologi tersebut dan perusahaan nasional bisa diajak bekerja sama dalam mengembangkan kapasitasnya untuk menguasai teknologi taksi terbang ini.

Ali juga memaparkan IKN akan menerapkan Intelligent Transport System (ITS) untuk taksi terbang. Konsepnya, jelas dia, mobil listrik atau kendaraan otonom membawa penumpang ke helipad taksi terbang.

Cara kerjanya disebut menggunakan aplikasi walau tak disebutkan namanya.

“IKN menerapkan ITS mulai dari kendaraan otonom, bus listrik dan seterusnya,” kata Ali.

Ali berharap sumber daya manusia Indonesia bisa menguasai teknologi itu dan perusahaan lokal yang diajak kerja sama dengan pengembang bisa meningkatkan kapasitasnya untuk penguasaan teknologi taksi terbang.

“Menurut saya momentum ini hanya ada melalui pembangunan IKN, dan harus dimanfaatkan. Kita berharap ada teknologi yang dapat dimanfaatkan untuk penciptaan, pengembangan, dan ada peningkatan kapasitas SDM Indonesia. Ini yang saya sebut sebagai nilai tambah,” jelas Ali.

Sumber : Dikutip berbagai sumber