You are here
Beranda > Wisata > Padang Mangateh, Sumatera Barat, Selandia Baru-nya Indonesia

Padang Mangateh, Sumatera Barat, Selandia Baru-nya Indonesia


Pemandangan Padang Mangateh. Foto: Sengpaku.blogspot.com.

MEDIAKAMU.com -

Objek wisata Padang Mengatas atau disebut juga Padang Mangateh. Memiliki padang rumput yang keindahannya seolah sedang berada di negeri dongeng. Lokasi padang rumput tersebut berada di pinggang Gunung Sago sehingga miliki udara yang sangat sejuk. Pemandangan Kota Payakumbuh dapat dilihat dari lokasi Padang Mengatas ini, daerah ini sering disebut sebagai Selandia Baru-nya Indonesia dikarekan kemiripannya dengan Desa Hobbiton yang terletak di Matamata, North Island. Dikarenakan pemandangan padang rumput hijau dan ribuan sapi yang berkeliaran begitu menakjubkan.

Padang Mengatas adalah kompleks peternakan sapi yang berada di kaki Gunung Sago, Payakumbuh, Kabupaten Limapuluh Kota. Siapa pun yang datang pasti akan teringat dengan peternakan yang ada di Negeri Kiwi tersebut. Sejauh mata memandang, pengunjung akan disuguhkan hamparan rumput hijau dengan ribuan sapi yang bebas berkeliaran.

Belum lagi dipercantik dengan latar belakang gunung yang menjulang tinggi, serta barisan bukit yang berjejer rapi. Padang sabana yang luasnya mencapai 280 hektare itu juga dibelah oleh sebuah jalan menuju bukit.

Padang Mangateh, Selandia Baru-nya Indonesia. Foto: Takaitu.id.

Padang Mengatas merupakan warisan dari Pemerintah Hindia Belanda yang dibangun pada 1916 silam, pernah menjadi peternakan terbesar di Asia Tenggara pada 1955.

Untuk bisa mengunjungi Padang Mangateh diharuskan melakukan pemesanan tempat terlebih dahulu. Hal ini terjadi sebab pengunjung harus dibatasi agar tidak merusak dan menganggu peternakannya.

Mengingat, lokasi ini juga merupakan Balai Pembibitan Ternak Unggul Dan Hijauan Pakan Ternak Padang Mengatas (BPTU-HPT) untuk masuk ke sini kamu perlu mendapatkan izin. Tapi jangan khawatir, BPTU Padang Mengatas sudah menyediakan surat izin masuk secara online dan praktis.